Perusahaan Retail adalah suatu perusahaan yang biasanya menganut sistem konsinyasi, dimana transaksi penjualan barang dilakukan dengan menitipkan barang-barang dagang ke outlet-outlet atau ke showroom-showroom mereka. Dalam sistem akuntansi, barang-barang yang dititipkan masih diakui sebagai persediaan milik perusahaan (selama belum terjual). Disini saya akan membahas point-point penting yang ada dalam perusahaan retail menyangkut aplikasinya didalam program accurate, diantaranya :
1. Sistem penyaluran barang ke outlet atau showroom didalam program accurate
2. Manajemen inventory (controlling penyimpanan persediaan dan penerapannya kedalam program accurate
3. Sistem penjualan barang dagang dan penanganannya didalam program accurate
4. Mencatat & melihat laporan transaksi penjualan harian / mingguan untuk masing-masing outlet / showroom
5. Sistem perpajakan perusahaan retail
6. Laporan keuangan
PROGRAM ACCURATE UNTUK PERUSAHAAN SHOWROOM RETAIL PART I
I. Sistem Penyaluran Barang ke Outlet atau Showroom didalam Program Accurate
Perusahaan retail yang menganut sistem konsinyasi biasanya mengirimkan barang-barang dagangannya ke outlet-outlet atau showroom mereka, untuk pengontrolan persediaan perusahaan maka didalam program accurate, outlet atau showroom harus dibuat sebagai gudang. Caranya adalah, masuk kedalam toolbar daftar, persediaan, daftar gudang, click baru untuk membuat gudang baru, isi namanya sesuai dengan nama outlet atau showroom. Didalam program accurate ada suatu modul yang berfungsi untuk mengaplikasikan pengiriman barang-barang dagangan ini, yaitu item transfer atau pindah barang. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :
a. Didalam program accurate, masuk ke modul persediaan, pindah barang
b. Isi no form transfer, tanggal, keterangan, transfer dari, transfer ke
c. Didalam tabel, isi barang yang akan ditransfer dan kuantitasnya, lalu simpan dan tutup jika ingin keluar atau simpan dan baru jika ingin membuat item transfer baru.
Form transfer dapat dicetak dan digunakan sebagai bukti kirim barang atau surat jalan. Jika di outlet atau showroom memakai program accurate yang telah disesuaikan database inventorynya dengan pusat, maka pada saat barang tersebut diterima harus dilakukan penerimaan barang didalam program accurate, sbb:
a. Masuk ke modul pembelian, penerimaan barang
b. Isi vendornya adalah pusat, jadi pusat dianggap sebagai vendornya. Isi receipt no nya adalah nomor form transfer / surat jalan yang dikirim dari pusat.
c. Isi tanggal penerimaannya, kemudian isi barang-barang yang diterima, lalu simpan dan tutup atau simpan dan baru.
Demikian pembahasan dari saya untuk part I ini, semoga dapat berguna dan membantu anda khususnya bagi perusahaan showroom retail.
Berikut adalah data customer showroom retail yang pernah kami tangani :
1. PT. FARRELINDO PERKASA ABADI
2. PT. LIMAX KALEBORAH MARIVAT
3. PT. HAIR BEAUTY LOUNGE
4. Etc
Untuk informasi lebih lanjut, silahkan hubungi konsultan kami :
Samuel : 08988240430
Atau langsung ke kantor APS : 021-27970007
visit our official website : www.programaccurate.com